Jepang Cabut Warning Tsunami


TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Daya tanggap pemerintah Jepang memang sangat cepat. Peringatan dini tsunami dari Cile sejak 3 April lalu jam 3 pagi, semua aparat petugas terkait bencana alam langsung digerakkan. Daerah pantai ditutup, blokir dengan betonan yang dapat digeser menggunakan rel. Papan warning dipasang di mana-mana, petugas monitor sejak jam 3 pagi hingga malam.

Setelah 15 jam pemantauan serius, akhirnya pukul 18.00 peringatan dicabut dan kembali tenang.
"Syukurlah setelah kami monitor 15 jam akhirnya gelombang tsunami mereda dan level peringatan dilepas dan kembali normal malam ini," papar Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika Jepang, Kamis (3/4/2014) sore kepada pers.

Level tertinggi kenaikan permukaan laut setinggi 60 cm di Pelabuhan Kuji, perfektur Iwate akibat tsunami di Cile yang berjarak 17.000 km dari Jepang. Kejadian jam 0.22 pagi tadi.
Peringatan dikeluarkan di Kepulauan Izu-Ogasawara dan pantai Samudera Pasifik dari Chiba ke Hokkaido. Kenaikan permukaan laut juga 30 cm di Kushiro dan Erimo-cho, Hokkaido, Hiroo-cho, Iwate. Demikian pula di Oarai, banyak orang Indonesia di sana, di perfektur Ibaraki.
Sirine dan pengumuman menggunakan pengeras suara langsung dilakukan di sepanjang pantai mulai Hokkaido sampai dengan wilayah Tohoku.
"Untung ada sirine, kami siap-siap, termasuk siap-siap hari ini karena melihat pengalaman 11 Maret 2011 lalu itu, kami deg-degan juga. Tapi untunglah sekarang sudah berlalu," papar seorang warga di perfektur Iwate kepada pers.
Semua toko tutup, sekolah juga tutup, pelabuhan, kegiatan perikanan juga tak ada, semua dalam keadaan was-was sejak pagi hari ini.
Menarik juga dilakukan tim pengungsi yang sudah siap-siap mengeluarkan semua kebutuhan bagi pengungsi. Tempat pengungsian disiapkan, kardus untuk duduk dan sementara untuk tidur istirahat para pengungsi, serta makanan dikeluarkan, semua hal disiapkan senadainya terjadi tsunami dan pengungsian. Luar biasa memang persiapan masyarakat Jepang menghadapi kemungkinan terjadinya bencana tsunami kali ini.
Sementara Tokyo Kamis (3/4/2014) seharian hujan dan mulai berhenti sekitar pukul 21.00 waktu Tokyo.

Daftar ke PayPal dan mulai terima pembayaran kartu kredit secara instan.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by aditfaizah | Bloggerized by PELANGI-ku - Privacy Policy | Bisnis Online